Eksplorasi Konsep Modul 3.2

 

Eksplorasi Konsep (Forum Diskusi Asinkronus)

Question #1

1

Response is required
Response is required

kita bisa menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset untuk mengelola sumber daya sekolah karena sekolah merupakan bagian dari komunitas. Melalui pendekatan ini sekolah bisa memaksimalkan dan mengembangkan aset yang dimiliki agar lebih berdaya guna untuk keberlangsungan sekolah. Dengan demikian kata komunitas bisa saja diganti dengan sekolah karena sekolah memiliki komunitas yang terdiri dari kepala sekolah, guru, murid, tenaga kependidikan serta pengawas dan komite.

Question #2

2

Response is required
Response is required

Salah satu contoh pengelolaan sumber daya sekolah adalah dengan menjaga hubungan antara sesama warga sekolah agar tetap harmonis agar apa yang divita-citakan sekolah dapat terwujud. Sebab seluruh warga sekolah mempunyai tujuan yang sama untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.

Question #3

3

Response is required
Response is required

Selama ini dalam mengelola sumber daya belum maksimal dan masih berfokus pada masalah. Hal ini terlihat ketika menghadapi sebuah masalah, kita masih terpaku pada masalah dan kekurangan sehingga mencari bantuan dan sangat jarang mencoba menggali dan memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk memecahkan masalahnya sendiri. 

Question #4

4

Response is required
Response is required

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan sekolah dengan pendekatan pengembangan berbasis aset, antara lain; fokus pada aset yang dimiliki, membayangkan masa depan, berpikir tentang kesuksesan yang telah diraih, mengorganisasikan kompetensi dan sumber daya, merancang rencana berdasarkan visi dan kekuatan, serta melakukan rencana aksi yang sudah diprogram

Silakan klik tombol Submit questionnaire untuk mengirimkan jawaban.

Namun jika belum selesai menjawab semua pertanyaan atau masih ragu dengan jawabannya, Bapak/Ibu dapat meng-klik tombol Save untuk menyimpan jawaban sementara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi D.4a Bentuk Penguatan KSE Diri

Refleksi Diri Paradigma Berpikir dan Prinsip Coaching

Refleksi D.4b Bentuk Penguatan KSE Rekan Sejawat