Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3. Pengelolaan Program yang Berdampak Positif bagi Murid

 

CGP Angkatan 7 (Personil PP Andri Muhrizan)

Zulfahmi, S.Pd. Gr
CGP Angkatan 7 Kab. Aceh Besar

Salam dan Bahagia !

       Melakukan refleksi merupakan salah satu upaya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan penerapan terhadap materi yang telah dipelajari. Menuliskan jurnal refleksi secara rutin akan memberikan ruang bagi seorang praktisi untuk mengambil jeda dan merenungi apakah praktik yang dijalankannya sudah sesuai, sehingga ia dapat memikirkan langkah berikutnya untuk meningkatkan praktik yang sudah berlangsung (Driscoll & Teh, 2001). 

        Pada kesempatan kali ini, saya sebagai CGP Angkatan 7 Kabupaten Aceh Besar akan merefleksikan diri terkait pembelajaran pada modul lanjutan yaitu modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya menggunakan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future). 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P.

1. Facts (Peristiwa)

        Modul 3.3 merupakan modul terakhir yang harus dipelajari dalam rangkaian pelatihan guru penggerak angkatan 7 ini. Kegiatan pada modul ini masih sama dengan modul-modul sebelumnya dengan menggunakan alur "MERDEKA" yang dimulai pada tanggal 15 Mei 2023 mulai dari diri dan eksplorasi konsep. Dalam modul ini, saya mempelajari materi tentang menyusun sebuah program yang berdampak positif pada murid, cara menumbuhkan student agency (kepemimpinan murid) dengan suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid, lingkungan yang mendukung tumbuh kembang kepemimpinan murid, serta pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid. Kemudian pada tanggal 17 mei 2023 masuk di eksplorasi konsep, Forum Diskusi dengan kegiatan melakukan diskusi pada kelompok masing-masing tentang program salah satu anggota kelompok.

Pada tanggal 22 Mei 2023 masuk dalam aktivitas  ruang kolaborasi 1 untuk berdiskusi program dengan kelompok masing-masing Bersama fasilitator Ibu Irmi, dan ruang kolaborasi 2 pada tanggal 23 mei 2023  bersama rekan rekan CGP dipandu oleh fasilitator kami, untuk melakukan presentasi program masing-masing kelompok. Kemudian berlanjut dengan Refleksi Terbimbing dan Demonstrasi Kontekstual. Demonstrasi kontekstual merupakan rancangan program yang berdampak pada murid dengan menggunakan pemenuhan tahapan BAGJA .

Setelah penyelesaian demonstrasi kontekstual, selanjutnya kami menggambarkan kaitan antar materi dalam modul 3.3 yang biasa kami sebut dengan istilah koneksi antar materi. Koneksi ini berisikan tentang penjelasan judul latar belakang serta keterkaitan dengan modul sebelumnya. Keterkaitan dengan materi sebelumnya adalah pemetaan sumber daya dengan program sekolah.

Pada hari Jumat tanggal 26 Mei 2023 masuk Elaborasi pemahaman untuk  mendapatkan penguatan dari Instruktur, sehingga saya dapat memahami materi tersebut dengan baik. Selain itu, saya juga berdiskusi dengan rekan-rekan CGP lain untuk memperkuat pengetahuan saya mengenai materi di modul 3.3 ini. Kami diminta untuk membuat sebuah program secara individu. Program ini nantinya yang akan dipraktikkan dalam aksi nyata di akhir modul 3.3.

2.   Feelings (Perasaan)

Saya merasa sangat bahagia dan optimis ketika mengikuti pembelajaran dalam modul ini. Selain materinya yang sangat menarik dan menantang, modul ini juga merupakan modul terakhir yang harus saya pelajari. Artinya, saya harus bersiap untuk mengimplementasikannya di kelas atau di sekolah saya. Selain itu, saya juga merasa senang karena banyak ilmu-ilmu dan pengetahuan baru yang saya peroleh selama mengikuti kegiatan PGP ini.

Saya juga merasa bahagia ketika pertanyaan-pertanyaan yang muncul dibenak saya saat saya merefeksikan pada bagian mulai dari diri dapat terjawab dengan baik. Ada hal menarik yang terjadi pada pembelajaran di modul ini, yaitu saat saya harus menyelesaikan tugas demonstrasi kontekstual. Dalam sesi ini, CGP diminta untuk membuat sebuah program secara mandiri. Program yang saya buat yaitu Belajar Bersama Alam. Ada rasa senang ketika saya dapat merancang sebuah program dan melibatkan murid didalamnya.

3.   Findings (Pembelajaran) 

Pembelajaran yang saya dapatkan setelah mempelajari modul ini sebagai berikut:
- Sebelum menyusun sebuah program sebaiknya kita melihat aset/kekuatan yang dimiliki oleh sekolah.
- Pentingnya melibatkan murid sebagai mitra dalam penyusunan, pelaksanaan, dan evaluasi program.
- Murid dapat dilibatkan dengan memberikan kesempatan mereka untuk berpendapat (suara) adn menentukan 
  pilihannya sehingga mereka akan merasa memiliki dan merasakan manfaat dari program yang akan 
  dikembangkan.
- Pentingnya menciptakan lingkungan yang positif dalam menumbuhkan student agency.
- Pentingnya dukungan dari semua pihak/komunitas dalam menumbuhkan kepemimpinan murid.
- Prakarsa perubahan yang akan dilakukan dapat menggunakan Tahapan BAGJA dengan menambahkan unsur 
   suara, pilihan, dan kepemilikan murid.

4.   Future (Penerapan)

Setelah saya mempelajari modul ini dengan baik, tentunya saya ingin melaksanakan program yang telah saya rancang dengan murid tersebut. Harapannya program ini dapat menumbuhkan kepemimpinan murid dan mewujudkan karakter profil pelajar pancasila. Selain itu, saya juga akan menyebarkan pengetahuan dan pengalaman saya dalam menyusun program yang berdampak positif pada murid ini pada rekan-rekan sejawat.

Sekian dan Terima Kasih, Salam dan Bahagia, Salam Guru Penggerak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi D.4a Bentuk Penguatan KSE Diri

Refleksi Diri Paradigma Berpikir dan Prinsip Coaching

Refleksi D.4b Bentuk Penguatan KSE Rekan Sejawat