3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Modul 3.1

 

Tujuan Pembelajaran Khusus : 

CGP mampu menganalisis pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, serta 9 langkah pengambilan dan  pengujian keputusan dalam studi kasus yang mereka dapatkan dan memberi tanggapan pada studi kasus CGP lainnya dan bersikap reflektif, kritis, dan kreatif dalam proses tersebut.


Kasus 2

Ibu Azizah adalah kepala sekolah SMP Tunas Bangsa. Ia adalah seorang kepala sekolah yang memiliki integritas dan komitmen yang tinggi.  Ia memiliki hubungan profesional yang baik dengan Ibu Dani, Kepala SMA Nusantara. Mereka seringkali berkomunikasi dan bekerjasama sehubungan dengan program-program pendidikan baik di sekolah Ibu Azizah sendiri maupun sekolah Ibu Dani.

Baru-baru ini Ibu Azizah terpilih menjadi ketua MKKS-Musyawarah Kerja Kepala Sekolah. Ibu Dani pun terpilih menjadi bendahara MKKS.  Awalnya semua program MKKS dibawah kepemimpinan Ibu Azizah berjalan dengan baik sampai pada saatnya diadakan rapat evaluasi semester 1, dimana Ibu Azizah harus memberikan laporan pada Dewan Pembina MKKS, termasuk laporan keuangan. Ibu Azizah pun meminta laporan keuangan pada bendahara yaitu Ibu Dani.

Dua minggu sebelum rapat evaluasi, Ibu Azizah pun sibuk mempersiapkan dokumen-dokumen laporan yang dibutuhkan, termasuk dokumen yang berhubungan dengan keuangan. Ia pun menghubungi Ibu Dani, saat itulah Ibu Azizah mengetahui bahwa selama ini Ibu Dani menggunakan sebagian uang MKKS untuk pengobatan putrinya yang sedang sakit dan memerlukan pengobatan yang mahal. Ibu Dani berjanji bahwa uang tersebut akan segera digantikan sebelum rapat evaluasi tiba. Ibu Azizah sebetulnya ragu akan hal tersebut mengingat jumlah uang yang cukup besar. Namun Ibu Dani meminta Ibu Azizah untuk berjanji untuk tidak memberitahu siapapun tentang tindakannya. Apa yang akan dilakukan Anda bila berada di posisi Ibu Azizah, dan mengapa?

Analisis Studi Kasus

  1. Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada situasi tersebut? Rasa keadilan dan rasa kasihan. Apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut? adanya pilihan untuk menaati peraturan berdasarkan rasa hormat terhadap rasa keadilan, dan adanya pilihan untuk melanggar peraturan berdasarkan rasa kasihan.
  2. Apakah ada unsur pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (uji legal). Ada, karena uang MKKS adalah dana kelompok, tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi, meskipun berjanji akan mengembalikan.
  3. Apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut? (Uji regulasi). Ada, yaitu menutupi kebenaran, Ibu Dani meminta Ibu Azizah untuk berjanji tidak memberitahu siapapun tentang tindakannya.
  4. Berdasarkan perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang salah dalam situasi ini? (Uji intuisi). Dalam situasi ini sudah jelas Ibu Dani bersalah, meskipun Ibu Dani berjanji mengembalikan uang yang ia pakai dan meminta Ibu Azizah untuk merahasiakannya, tetapi beresiko jika ketauan oleh anggota MKKS yang lain, maka akan dianggap menyalahgunakan dana dan merekayasa laporan keuangan.
  5. Apa yang Anda rasakan bila keputusan Anda dipublikasikan di media cetak/elektronik atau menjadi viral di media sosial? Apakah Anda merasa nyaman? Tentu saja tidak nyaman, karena kasus ini melanggar hukum dan ranah pribadi tiba-tiba menjadi konsumsi publik.
  6. Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini? Keputusan yang diambil adalah tetap berempati terhadap Bu Dani, dengan memberikan kesempatan waktu kepada Bu Dani untuk mengembalikan uang yang sudah dipakai untuk berobat anaknya yang sedang sakit dan Bu Dani harus berkomitmen terhadap janjinya.
  7. Apakah ada sebuah penyelesaian yang kreatif dan  tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini (Investigasi Opsi Trilemma)? Melakukan pendekatan dan bersikap terbuka, dengan meyakini bahwa setiap persoalan pasti ada solusi dan jalan terbaik. mengajak seluruh anggota untuk bermusyawarah agar tetap berempati terhadap Bu Dani dengan memberikan kesempatan waktu kepada Bu Dani untuk mengembalikan uang yang sudah dipakai untuk berobat anaknya yang sedang sakit dan Bu Dani harus berkomitmen terhadap janjinya.
  8. Apa keputusan yang Anda ambil? Keputusan yang diambil adalah membuat perjanjian tertulis dengan Bu dani bahwa akan mengembalikan uang yang dipakai sebelum rapat evaluasi dilaksanakan.
  9. Prinsip mana yang  Anda gunakan, dan mengapa? Berpikir berbasis rasa peduli (Care-Based-Thinking). Prinsip ini yang membuat kita memikirkan kepentingan orang lain dan menimbulkan rasa empati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi D.4a Bentuk Penguatan KSE Diri

Refleksi Diri Paradigma Berpikir dan Prinsip Coaching

Refleksi D.4b Bentuk Penguatan KSE Rekan Sejawat