Mulai dari diri Modul 2.3. Coaching Untuk Supervisi Akademik
Komunikasi Kepala Sekolah, Pengajar Praktik, CGP |
Pada modul coaching untuk supervisi akademik. Pembelajaran dimulai dari diri Sendiri. Sebagai seorang guru, Saya merupakan seorang pemimpin pembelajaran. Dalam perjalanan Saya sebagai seorang guru, tentunya Saya pernah mendapatkan pengalaman terkait dengan supervisi akademik sebagai salah satu cara pengembangan kompetensi diri Saya.
Pada sesi mulai dari dari diri ini, Saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif terkait supervisi akademik dan pengembangan kompetensi diri.
Pertanyaan-pertanyaan reflektif sesi mulai dari diri
1. Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?
Pada awalnya saya merasa cemas dan gugup karena ada seseorang yang memperhatikan cara saya mengajar dan menilai perangkat pembelajaran yang saya buat. Ada kekehawatiran apakah pembelajaran saya sudah baik, apakah perangkat pembelajaran saya sudah benar. Namun seiring berjalanya waktu dalam proses supervisi, saya bisa mengontrol diri saya, sehingga pembelajaran yang disupervisi berjalan dengan baik. Banyak hal yang Saya temukan ketika disupervisi, utamanya untuk perbaikan pembelajaran Saya kedepannya. Masukan dan bimbingan dari atasan bisa saya terima dengan senang hati.
2. Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.
Pengalaman saya saat disupervisi dalam kelas, Kepala Sekolah duduk di belakang memperhatikan saya mengajar. Setelah memberi teori kepada murid di kelas, saya mempersilahkan murid menuju ke lapangan olahraga untuk pelaksanaan praktek dan Kepala Sekolah mengambil tempat di sisi lapangan. Selesai pembelajaran, Kepala Sekolah memberikan masukan untuk perbaikan pembelajaran kedepannya. Pada waktu itu, ketika saya mengajar Saya lupa melaksanakan pendinginan setelah aktifitas olahraga dan juga refleksi kegiatan. Kepala Sekolah memberitahu sangat penting melaksanakan refleksi pembelajaran ini sampai dimana dan mencari tahu bagaimana perasaan murid setelah mengikuti pembelajaran.
3. Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?
Proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu saya berkembang ketika supervisi dilakukan secara berkala dan bertahap. Dimulai dengan mensupervisi perangkat pembelajaran yang berisi rencana pembelajaran, LKPD, sumber belajar, serta alat evaluasi. Supervisi selanjutnya berupa supervisi pelaksanaan pembelajaran, dan selanjutnya mensupervisi hasil refleksi pembelajaran. Dengan mempertimbangkan semua kondisi hal ini idealnya dilakukan 1 kali per tahun. supervisi yang bekelanjutan dapat menjaga semangat seorang guru, perbaikan pembelajaran, dan membuat guru terus belajar.
4. Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.
Saya melihat diri saya ada diposisi 7, Saya merasa perlu pengalaman dan ilmu jika diposisi mensupervisi. Karena ketika kita memberi masukan perbaikan, tentunya kita harus bercermin dulu ke dalam diri. Dan diri Saya masih banyak kurang dan perlu terus belajar menjadi lebih baik lagi.
1. Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?
Aspek yang saya butuhkan pertama sekali adalah menambah pengetahuan tentang coaching untuk supervisi akademik, kompetensi teknis dan pedagogik, Kemampuan observasi yang baik, Kemampuan memberikan umpan balik yang efektif, kemampuan analisis dan evaluasi proses pembelajaran yang berlangsung, serta kemampuan atau keterampilan berelasi dengan menjalin komunikasi yang baik.
Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini
Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
Setelah mempelajari modul 2.3 tentang coaching supervisi akademik, saya berharap mampu memahami seluruh materi dan mampu untuk mengimplementasikan praktik baik di lingkungan sekolah. saya juga berharap mampu berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk memperbaiki mutu pendidikan di lingkungan sekolah.
Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Kegiatan yang saya harapkan adanya kolaborasi praktik baik bersama fasilitator, pengajar praktik, instruktur serta rekan-rekan CGP yang lainnya. Materi yang saya harapkan menjelaskan tentang prinsip coaching dan teknik coaching supervisi akademik.
Komentar
Posting Komentar