Eksplorasi Konsep : Metode Pengembangan Diri

  1. Setelah membaca definisi-definisi mengenai mentoring, konseling, fasilitasi dan training, tuliskan yang Anda ketahui mengenai mentoring, coaching, konseling, training dan fasilitasi.

Mentoring adalah mengajarkan berbagai tips, pengalaman, metode dan cara-cara sukses sesuai dengan pengalamannya. 

Coaching adalah motivator yang mendukung tujuan coachee. Seorang coach percaya bahwa solusi ada pada setiap orang, jadi seorang coach tidak akan memberikan ilmu tertentu tapi mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk menggali sehingga coachee bisa menemukan sendiri solusinya. 

Konseling lebih banyak berbicara mengenai emosional masalah. Mirip dengan coaching, tapi yang menjadi fokus utama bukanlah peningkatan keterampilan seseorang, namun lebih kepada kemauan (motivasi/ mental/ sikap). 

Training lebih kepada memberikan suatu transfer knowledge berupa ilmu tertentu kepada seseorang. Karena traine melatih orang tentang suatu subjek, maka mereka harus ahli pada subjek itu

Sedangkan Fasilitator fokus pada pengembangan dan pengelolaan proses yang efektif yang membantu kelompok mencapai hasil yang mereka kehendaki.

2. Dalam berinteraksi di sekolah, ceritakan pengalaman Anda ketika berperan sebagai coach, mentor, konselor, fasilitator, dan trainer.

Pengalaman saya sebagai coache salah satunya pada saat memotivasi murid yang kurang berani melakukan gerakan dalam sebuah materi pembelajaran PJOK.

sebagai mentor, saya pernah menjadi pemateri kepada rekan sejawat tentang keahlian mengoperasikan komputer dasar (office) yang secara umum sangat dibutuhkan oleh rekan-rekan saat ini.

sebagai konselor, saya pernah membimbing murid yang kurang motivasi dalam belajarnya, murid tersebut tidak mau mengerjakan tugas dan cenderung pemalas. dengan pendekatan personal akhirnya ada perubahan pada dirinya ke arah yang lebih baik.

sebagai Fasilitator, saya pernah menjadi Guru Inti mapel PJOK pada program PKP dengan mengajarkan pembelajaran yang berorientasi berfikir tingkat tinggi (HOTS)

dan sebagai Trainer, saya melatih murid-murid saya pada program ekstrakurikuler pada bidang olahraga yaitu cabang atletik dan bulu tangkis.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi D.4a Bentuk Penguatan KSE Diri

Refleksi Diri Paradigma Berpikir dan Prinsip Coaching

Refleksi D.4b Bentuk Penguatan KSE Rekan Sejawat