Rancangan Tindakan Aksi Nyata Modul 1.4
Latar Belakang
Tujuan Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai kebahagiaan setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Dalam hal menuntun tersebut guru berpijak pada nilai dan peran guru sebagai pemimpin pembelajaran di kelas, menghantarkan peserta didik pada nilai-nilai profil pelajar pancasila melalui pembiasaan, hal ini dapat dilakukan melalui budaya positif di kelas dengan membimbing peserta didik menemukan serta menerapkan keyakinan kelas yang telah mereka sepakati sebagai wujud perubahan ke hal yang lebih baik untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya. Ketika murid-murid kita memiliki motivasi tersebut, mereka telah memiliki motivasi intrinsik yang berdampak jangka panjang, motivasi yang tidak akan terpengaruh pada adanya hukuman atau hadiah. Mereka akan tetap berperilaku baik dan berlandaskan nilai-nilai kebajikan karena mereka ingin menjadi orang yang menjunjung tinggi nilai-nilai yang mereka hargai,
Penulis meyakini bahwa dengan penerapan keyakinan kelas, maka murid akan terbiasa dengan hal yang positif sehingga menjadi sebuah budaya yang melekat pada prilaku murid baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat dimanapun mereka berada.
Tujuan
Adapun tujuan yang diharapkan pada aksi
nyata ini adalah
1. Mewujudkan
merdeka belajar pada murid dengan memberikan kebebasan untuk mengemukakan
pendapat mengenai keyakinan-keyakinan kelas apa saja yang mereka inginkan dan guru
berperan sebagai mediator serta memberikan penguatan atas pendapat murid
2. Mewujudkan
disiplin positif murid yang kemudian menjadi budaya positif dimana murid menjalankan
keyakinan kelas yang disepakati bersama dengan kesadaran diri dan tanpa
tekanan.
3. Membentuk
karakter positif pada murid melalui kebiasaan-kebiasaan positif, perilaku
positif, dan keteladanan dari semua warga sekolah (Guru dan murid)
Tolok Ukur
Dalam melaksanakan aksi nyata ini indikator
yang dapat dijadikan acuan bahwa tindakan ini berjalan dengan baik adalah:
1. Tercipta
merdeka belajar pada murid ( kebebasan berpendapat untuk keyakinan-keyakinan
yang ingin mereka sepakati)
2. Murid
menjalankan kesepakatan kelas tanpa tekanan
3. Terjalin
komunikasi aktif antara Guru dengan murid, murid dengan murid, serta dengan
seluruh warga sekolah
Linimasa tindakan yang akan dilakukan
Rincian tindakan aksi nyata yang akan saya
lakukan dalam penerapan budaya positif “Keyakinan Kelas” :
Meminta dukungan dari kepala sekolah untuk
membuat aksi nyata tentang budaya positif di sekolah.
Dukungan yang dibutuhkan
Dukungan dari seluruh warga sekolah sangat
dibutuhkan dalam menjalankan aksi nyata ini, khususnya dukungan dari Kepala
Sekolah baik dukungan moril maupun dukungan materil seperti media proyektor,
internet, serta percetakan sebagai media literasi melalui poster tentang
keyakinan kelas. Dengan kolaborasi yang terjalin dengan baik maka kegiatan akan
terlaksana dengan baik pula.
Komentar
Posting Komentar