Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.3

Lokakarya 1 CGP A.7 Aceh Besar
Oleh:

Zulfahmi, S.Pd. Gr
CGP Angkatan 7 Kabupaten Aceh Besar

Salam dan Bahagia. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan Guru penggerak di materi Modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak.

Jurnal Dwi mingguan ini harus saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 1. 3 ini dalam artikel ini.

Kegiatan dan pelajaran dalam modul 1.3 ini telah selesai saya ikuti maka saya akan menuliskan refleksi saya seperti biasanya dengan model 4F yang dapat diterjemahkan model 4P yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:

1. Facts(Peristiwa)

Pada minggu ke 3 bulan November yaitu tanggal 21 November 2022 saya mendapat jadwal pendampingan individu oleh Pengajar Praktek yaitu Bapak Andri Muhrizan, Dalam Pendampingan Indvidu ini kita sharing dan membicarakan seluruh kegiatan yang sudah dipelajari dan saya terapkan. Senang sekali rasanya bisa mendapatkan pendampingan dari Bapak Andri, banyak masukan dan arahan yang dapat saya ambil manfaat dari kunjungan ini.

Besoknya tepat pada tanggal 22 November 2022 kami mulai mempelajari materi mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri. Pada modul ini CGP diarahkan dapat merumuskan visinya sebagai guru penggerak yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila. dan pada eksplorasi konsep saya belajar memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan.

Selain itu saya juga belajar memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan. disitu saya juga belajar tentang tahapan BAGJA yaitu Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, gali Mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi. Pada tanggal 24 November 2022  diadakan forum diskusi lewat LMS. Disini CGP saling diskusi menyampaikan pendapat dan mengomentari pendapat teman lain.

Dan pada tanggal 25 November 2022 kami menjalani vicon dalam agenda ruang Kolaborasi dengan fasilitator yaitu Ibu Irmi, M.Pd tentang visi guru penggerak . Disitu dibentuk 2 kelompok berdasarkan PP masing-masing. Saya dan anggota kelompok yang lain harus merumuskan visi sebagai guru penggerak dan harus disepakati satu kelompok kemudian harus membuat sebuah prakarsa perubahan dan juga membuat tahapan BAGJA sesuai dengan prakarsa perubahan yang telah disepakati satu kelompok. 

Hasil diskusi tersebut harus dipresentasikan  pada tanggal 28 november 2022. Pada tanggal 29-30 november CGP diarahkan untuk mempelajari materi demonstrasi kontekstual dan harus membuat tugasnya.

Pada tanggal 30 November 2022 saya mengikuti kegiatan lokakarya 1 di SMPN 1 Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar dari jam 08.00 s.d jam 16.00 WIB. dalam lokakarya tersebut saya mendapat pembelajaran tentang menggerakkan komunitas praktisi. Selain itu kami diajak oleh PP juga melakukan permainan atau game yang bermakna sekaligus untuk menghidupkan suasana.

Dan pada tanggal 2 Desember CGO melanjutkan vicon dengan Instruktur Ibu Wahyu Ekawati dalam elaborasi pemahan sebagai penguatan untuk modul 1.3 ini. Disini CGP telah belajar antara lain menentukan kalimat visi yang sesuai profil pelajar Pancasila, menentukan prakarsa perubahan yang menantang, bermakna, kontekstual dan relevan, memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari visi yang akan dicapai, membuat tahapan BAGJA untuk rencana perubahan ditempat dimana kita berkarya menggunakan paradigma dan pendekatan inkuiri apresiatif dan menjalankan semua rencana perubahan tersebut sekolah masing-masing CGP. 

2. Feelings ( Perasaan )

Perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak ini sangat senang dan semakin termotivasi dalam menjalankan pendidikan guru penggerak ini. Selain itu saya juga bersemangat dalam menerapkan dan menjalankan visi serta menjalankan rencana perubahan yang sudah saya rumuskan. Semangat dan motivasi saya ini akan membuat aura positif dalam menjalankan prakarsa perubahan saya sehingga visi saya akan terwujud.

3. Findings ( Pembelajaran)

Setelah mempelajari modul 1.3 ini saya dapat mengetahui bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategis dan memahami inkuiri apresiatif sebagai paradigma. Tahapan BAGJA merupakan model manajemen perubahan yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diadopsi dari model 5D sebagai bagian dari inkuiri apresiatif (Define, Discover, Dream, Design, Deliver). 

Untuk melakukan perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada, namun kita fokuskan pada kekuatan apa yang telah kita miliki sehingga pemikiran kita diarahkan ke arah yang positif. Selain itu saya juga dapat merumuskan visi sebagai Guru penggerak, merumuskan prakarsa perubahan dan membuat tahapan BAGJA.

4. Future ( Penerapan)

Setelah mempelajari modul 1.3 tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi yaitu "Mewujudkan murid yang Sadar Literasi, Mandiri dan Berkarakter". Dan saya akan menerapkan prakarsa perubahan yang saya rumuskan yaitu "Mewujudkan Pojok Baca yang Nyaman di Kelas". selain itu saya juga akan melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid dan melakukan pembelajaran yang nyaman. Saya juga akan terus berinovasi dalam mengembangkan ide dalam pembelajaran. Oleh karena itu saya harus melakuakn kolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan saya sebagai guru penggerak.

Demikianlah Jurnal Dwi Mingguan saya untuk modul 1.3 ini tentang visi Guru Penggerak. 

Salam dan Bahagia, salam guru penggerak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi D.4a Bentuk Penguatan KSE Diri

Refleksi Diri Paradigma Berpikir dan Prinsip Coaching

Refleksi D.4b Bentuk Penguatan KSE Rekan Sejawat