Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.2

5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)

 Oleh :

Zulfahmi, S.Pd. Gr

Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Aceh Besar

 

Pada kesempatan ini, saya sebagai Calon Guru Penggerak dari SD Negeri Cot Bambu Kabupaten Aceh Besar akan menulis satu tulisan mengenai jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Jurnal refleksi dwimingguan adalah sebuah tulisan tentang refleksi diri setelah mengikuti sebuah kegiatan pelatihan (upgrading skill) yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan. Jurnal dwi mingguan merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh setiap calon guru penggerak. Ini sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh para CGP (Calon Guru Penggerak).

Pada kesempatan kali ini saya akan merefleksikan kegiatan-kegiatan pelatihan yang sudah kami lalui, khususnya pada modul 1.2 tentang Nilai dan peran guru penggerak. Kegiatan pembelajaran modul 1.2 telah selesai saya ikuti, ada banyak pengetahuan-pengetahuan baru yang saya peroleh selama kegiatan. Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 4F yaitu : Fact, Feeling, Findings, dan Future yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P  yakni Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan  Penerapan.

 

1. Facts (Peristiwa)

Pada minggu kedua bulan november, tepatnya mulai tanggal 7 November 2022 saya mulai mempelajari modul 1.2 yaitu tentang nilai dan peran guru penggerak. Materi di dalam modul 1.2 ini terbagi atas 3 materi besar yaitu bagian A tentang konsep manusia tergerak, lalu bagian B tentang konsep manusia bergerak, dan bagian C tentang konsep menggerakkan manusia. Di tanggal 7 dan 8, saya dan teman-teman  mengeksplor kegiatan di LMS yang dimulai dengan melakukan refleksi di alur Mulai dari diri lalu mempelajari modul dan berdiskusi secara tertulis di alur eksplorasi konsep. Ternyata materi di modul 1.2 ini lumayan banyak dan membutuhkan waktu lebih untuk mempelajarinya dibandingkan modul 1.1.

Setelah mempelajari materi dan berdiskusi di alur eksplorasi konsep, saya dan teman-teman melanjutkan kegiatan diskusi di ruang kolaborasi 1.2 tepatnya yaitu tanggal 11 November 2022. Pada pertemuan ini, kami dibagi menjadi 3 kelompok dan saya berada dikelompok 3 bersama Pak Muzakkir, Ibu Suwaibah dan Ibu Yusnidar. Di dalam kelompok ini, kami diminta membuat karya yang berisi gambaran singkat yang berbasis kekuatan nilai lalu merancang satu kegiatan yang sesuai dengan satu peran GP yang kelompok pilih. Dan pada diskusi ini kelompok kami memilih Nilai Inovatif sebagai nilai Guru Penggerak yang disepakati.

Kegiatan di modul 1.2 ini diakhiri dengan kegiatan diskusi virtual di ruang Elaborasi pemahaman bersama instruktur nasional yaitu Bapak Suhud Rois, namun kelompok kami dengan Fasilitator Ibu Irmi terjadi Miskomunikasi sehingga tidak bisa bergabung dan berdiskusi di ruang elaborasi pemahaman. Namun demikian kami juga mendapatkan pemahaman yang sama dengan kelompok yang lain lewat video rekord hasil diskusi di ruang elaborasi. Pemaparan materi yang disampaikan instruktur sangat jelas dan rinci sehingga saya pribadi semakin lebih memahami tentang materi modul 1.2 dan mendapatkan banyak pencerahan dari apa yang disampaikan Instruktur.

 

2. Feelings( Perasaan )

Setelah mempelajari modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak ini, yang saya rasakan yaitu tumbuh kesadaran dari dalam diri dimana hati saya mulai tergerak  dan merasa senang dan bersemangat untuk melakukan perubahan pada diri saya sendiri terlebih dahulu. Saya ingin memperbaiki hal-hal yang kurang baik selama ini, lalu berusaha menumbuhkan nilai dan peran yang mesti dimiliki oleh seorang guru penggerak. Setelah saya tergerak, selanjutnya saya ingin menggerakkan rekan-rekan guru di sekolah sehingga bisa bergerak bersama mewujudkan murid yang berkarakter untuk Indonesia yang lebih baik.

 

3. Findings (Pembelajaran)

Banyak pengalaman dan ilmu yang saya peroleh selama dua minggu mempelajari modul 1.2, yaitu sebagai berikut :

a.  Mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana cara kerja otak manusia, yaitu thinking fast dan thinking slow. Sebagai seorang pendidik, kita mesti membiasakan diri untuk thinking slow supaya kita tidak terburu-buru dalam menilai dan memutuskan sesuatu.

b.  Lalu saya belajar tentang 5 kebutuhan dasar manusia, yaitu kasih sayang dan rasa diterima, kekuasaan, kesenangan, kebebasan, dan bertahan hidup.

c.   Materi selanjutnya tentang tahap perkembangan manusia secara psikososial menurut erik erikson, diharapkan dengan kita tahu psikososial di setaip tahap perkembangan manusia, kita tahu apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan peserta didik di setiap tahapan perkembangannya.

d.  Materi berikutnya tentang nilai dan peran guru penggerak. Ada 5 nilai dan 5 peran yang mesti dimiliki oleh seorang guru penggerak.

 

4. Future (Penerapan)

Setelah mempelajari modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak, saya akan berusaha menerapkan beberapa hal berikut :

a.  Dalam rangka mengembangkan diri, maka saya akan mengikuti seminar atau diklat yang akan menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi  diri saya sebagai pendidik dalam hal ini sebagai Guru PJOK khususnya, dan sebagai Guru pada umumnya secara mandiri.

b. Menerapkan budi pekerti sebagai teladan bagi murid dengan menerapkan budaya 5S yaitu senyum,sapa,salam,sopan dan santun.

c.    Menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid dan menyenangkan dengan diskusi presentasi serta menggunakan media pembelajaran yang menarik.

d. Berkolaborasi dengan rekan guru dalam rangka merencanakan pembelajaran PJOK yang menyenangkan serta kegiatan sekolah lainnya.

e.     Berkolaborasi dengan guru mapel lain dalam kegiatan apapun demi kemajuan sekolah.

f.     Berkreasi dan berinovasi dalam membuat media pembelajaran .

 

Itulah jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.2 dari saya, terima kasih.

Salam dan Bahagia, salam Guru Penggerak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi D.4a Bentuk Penguatan KSE Diri

3.1.a.4. Eksplorasi Konsep -Modul 3.1

Refleksi D.4b Bentuk Penguatan KSE Rekan Sejawat